6 Khasiat Kesehatan Buah Semangka Buat Ibu Hamil

Minggu, 20 Maret 2016 - 13:01 WIB
6 Khasiat Kesehatan Buah Semangka Buat Ibu Hamil
6 Khasiat Kesehatan Buah Semangka Buat Ibu Hamil
A A A
JAKARTA - Tidak hanya lezat, semangka juga dipercaya menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan. Buah berdaging merah ini pun dianjurkan dikonsumsi para ibu hamil.

Karena kaya akan manfaat, buah yang berasal dari gurun Afrika ini menjadi salah satu asupan yang harus ada dalam menu diet selama kehamilan. Lalu apa saja manfaat dari mengonsumsi buah semangka saat hamil? Berikut ulasannya yang dilansir dari Boldsky.

1. Mengurangi risiko kram otot
Kram otot merupakan salah satu masalah yang kerap dikeluhkan sejumlah wanita hamil. Meski demikian, Anda tidak perlu khawatir. Untuk meredakannya, Anda bisa mengonsumsi semangka secara teratur. Kandungan kalium dan magnesium dalam semangka akan membebaskan wanita hamil dari kram otot, terutama setelah trimester ketiga.

2. Redakan mulas
Semangkan dipercaya bisa meredakan mulas selama kehamilan. Untuk hasil yang maksimal, Anda bisa mengonsumsi buah berbentuk bulat ini secara rutin.

3. Membersihkan racun
Kandungan air yang tinggi dalam semangka akan bekerja membersihkan racun dalam tubuh ibu hamil. Tentunya, racun yang dibuang merupakan racun yang tidak digunakan untuk tubuh. Mengonsumsi semangka juga bisa mencegah ibu hamil alami kelelahan.

4. Sumber vitamin dan magnesium
Agar tetap sehat dan membantu perkembangan janin, ibu hamil membutuhkan banyak nutrisi. Salah satunya, B6 dan magnesium. Anda pun bisa mendapatkannya dari mengonsumsi semangka.

5. Tubuh terhidrasi
Menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh merupakan hal yang penting. Anda bisa melakukannya dengan mengonsumsi semangka. Kandungan air dalam buah ini akan membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi selama kehamilan.

6. Kaya likopen
Kandungan likopen dalam semangka bisa megatasi morning sickness dan rasa mual saat hamil. Sebuah penelitian menunjukkan, bahwa likopen bekerja mengurangi risiko preeklampsia untuk wanita hamil dan bayi.
(sbn)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0568 seconds (0.1#10.140)